Tips Menjadi Ketua Ambalan Dan Wakil Ambalan


Salam Pramuka !!!

  Ambalan Penegak atau sering hanya disebut ambalan adalah satuan organik dalam Gerakan Pramuka yang terdiri atas paling banyak 32 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak dibagi dalam 4 sangga yang masing-masing sangga terdiri atas 6 - 8 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak merupakan tempat pembinaan Pramuka berusia 16 sampai 20 tahun yang disebut Pramuka Penegak. Kalian tertarik menjadi ketua atau wakil ambalan mungki 11 tips ini dapat membantu kami.
11 Tips Menjadi Ketua dan Wakil Ambalan Terhebat
       Ini dia 11 Tips Menjadi Pemimpin Terhebat :
1. Visioner
    Pemimpin punya pemahaman yang jelas tentang mau dibawa ke mana perusahaan/organisasinya dan       memiliki strategi yang jelas untuk mencapainya.
2. Bersahabat dan membumi
    Kemampuan seseorang untuk menjadi teman yang menyenangkan akan membantu seorang pemimpin     untuk membangun relasi dan mengembangkan semangat tim yang baik.
3. Berkomunikasi dengan baik
   Pemimpin yang baik bisa memastikan pesan yang disampaikannya diterima oleh setiap orang dalam        organisasi dengan persepsi yang sama dan jelas.
4. Membuat orang lain melakukannya
   Disebut pemimpin karena dia memimpin, dan pekerja disebut demikian karena dia bekerja. Pemimpin      yang baik mampu mendorong orang lain untuk melakukan tugasnya, dan bukan melakukan sendiri        semua tugas-tugas itu.
5. Paham tentang bidang yang digeluti
   Tidak hanya sekedar visioner dengan strategi dan arah yang jelas, pemimpin yang baik paham benar      seluk beluk, kekurangan dan kelebihan, risiko serta segala hal tentang bidang yang digeluti.
7. Jadi panutan
   Pemimpin berada di garis depan dan memberikan pengaruh yang baik bagi perusahaan dan                    bawahannya. Dalam segala hal dirinya mampu menjadi teladan.
8. Mudah untuk dinilai
   Berubah-ubah sikap untuk menyamarkan citra diri yang sesungguhnya, ini bukan sikap pemimpin          yang baik. Seorang pemimpin mengambil sikap yang jelas tentang bagaimana dia akan mendengarkan,    menyampaikan sesuatu, melihat dan menilai sesuatu, serta konsisten dengan sikapnya itu.
9. Memiliki kharisma
   Beriringan dengan citra dan kemampuan berkomunikasi yang baik, pemimpin yang baik memiliki            sesuatu yang istimewa di dalam dirinya yang membuat orang lain pun merasakannya.
10. Sangat tekun
     Tidak cukup hanya punya skill, pemimpin yang baik sangat tekun dalam pencapaian tujuan dan visi        yang telah ditetapkan. Pemimpin bisa sangat kejam untuk itu, namun pemimpin yang baik                      melakukannya dengan cara yang sangat bersahabat. 
11. Penuh semangat
      Pemimpin yang baik membawa energi yang sangat besar bagi bawahannya, dan selalu ada semangat       yang dikobarkan dalam setiap tugas yang diberikan, dalam setiap bidang yang ditangani.


                                Salam Pramuka !!!

Post a Comment

0 Comments